• Jl. Permata Raya Blok H Kav. No. 4, Tugujaya, Kec. Cihideung, Kab. Tasikmalaya, Jawa Barat 46115
  • Hari Kerja: Senin-Sabtu: 09.00 WIB - 17.00 WIB
  • Telepon Kami

    (0265) 337022

  • Email Kami @

    cs@multipilarbalantika.co.id

Multipilar Activities

Mengapa Aplikasi Berbasis Web Kini Menjadi Pilihan

Aplikasi berbasis web atau web-based application merupakan aplikasi multi-platform yang dibangun dengan menggunakan web-browser sebagai client. Pengertian tersebut bisa menjadi petunjuk kepada kita bahwa aplikasi berbasis web ini dibuat dengan menggunakan bahasa pemrograman yang memang mendukung untuk bisa dijalankan di browser. Suatu aplikasi berbasis web biasanya dibuat dengan menggunakan kombinasi namun tidak terbatas pada bahasa pemrograman Java Script, PHP, ASP dan markup languange HTML serta CSS.

Sebelum aplikasi berbasis web ini berkembang dan kian populer, banyak developer menggunakan desktop-based application. Yang mana aplikasi tersebut harus diinstal baik di sisi server maupun di setiap perangkat client. Hal ini tentu berdampak pada saat dilakukan upgrade software. Proses upgrade (bisa berupa patch yang sifatnya minor atau major upgrade) harus dilakukan disemua titik yang saling berkomunikasi, pada perangkat server itu sendiri, juga pada semua perangkat client. Tidak jarang, hal ini membuat biaya pemeliharaan teknologi informasi yang seringkali berfungsi “hanya” sebagai supporting infrastructure kian besar dan membebani core business perusahaan yang bersangkutan. Lebih jauh lagi, dalam jangka panjang dan semakin kompleksnya arsitektur serta feature yang ada seringkali menyebabkan terjadinya penurunan produktivitas.

Hingga kemudian, banyak developer mengembangkan aplikasi berbasis web. Terlebih, semakin kesini bandwidth jaringan untuk mendukung aplikasi berbasis web sudah bukan menjadi issues utama. Walaupun tetapa, faktor security, tidak boleh disepelekan. Pada prinsipnya, aplikasi berbasis web memungkinkan untuk hanya diinstal di sisi server yang kemudian dapat diakses dengan mudah oleh client pada web-browser melalui media jaringan baik internet maupun intranet. Dengan kata lain, aplikasi tersebut tidak perlu diinstal pada tiap-tiap end point (client). Hal ini tentunya menjadikan pemeliharaan menjadi lebih mudah.

Dalam perkembangannya, begitu banyak perusahaan yang melirik aplikasi berbasis web ini. Termasuk multipilar yang menjadikan aplikasi berbasis web ini, sebagai core apps architecture dalam mengembangkan core banking system untuk BPR (Bank Perkreditan Rakyat), Sistem Informasi Akuntansi untuk LKM (Lembaga Keuangan Mikro baik yang berbadan hukum PT maupun Koperasi), juga sistem pencatatan usaha UMKM-retail. Keamanan pada aplikasi berbasis web memang harus menjadi perhatian mendasar. Karena informasi perusahaan dan jaminan kerahasiaan data pelanggan harus benar-benar dilindungi. Hal inilah yang perlu menjadi concern dalam proses pengembangan aplikasi oleh developer. Proses-proses seperti authentication, authorization, asset handling, input, dan logging and auditing menjadi suatu keharusan agar aplikasi berbasis web yang dihasilkan reliable dan akuntable.